Projek gambar IMB

Saat ini, untuk mendirikan sebuah bangunan di negara kita, selain aspek material pembangunan diperlukan pula sebuah dokumen legalitas pendirian bangunan atau biasa dikenal dengan IMB (Ijin Mendirikan Bangunan). Persyaratan untuk memperoleh ijin ini bisa ditanyakan langsung ke dinas terkait di daerah masing – masing.

Diantara syarat umum mendapatkan IMB, berupa gambar IMB. Gambar ini serupa dengan gambar kerja, namun tidak perlu terlalu detail, karena gambar ini sebagai arsip pekerjaan pendirian bangunan. Tanpa IMB kita dilarang untuk mendirikan sebuah bangunan terutama bangunan permanen. Sehingga bila suatu saat ada pemeriksaan, bangunan bahkan bisa di bongkar.

Sebenarnya ada beberapa hasil positif dari penertiban IMB ini. Diantaranya terkait dengan perencanaan dinas tata kota setempat. Di dalam perencanaan suatu kota, terdapat pembagian zona area yang sudah direncanakan pemerintah. Dalam dokumen tata kota tersebut ada perencanan letak zona area pemukiman, perdagangan, dan yang lainnya. Hal ini pernah di jumpai penulis, saat melakukan kunjungan ke dinas tersebut. Penulis berkesimpulan, bahwa tidak setiap lokasi bisa didirikan sebuah bangunan tertentu.

Kembali ke gambar IMB, anda bisa mendapatkan informasi gambar IMB yang wajib di serahkan sebelum mendapatkan IMB. Bisa saja tiap wilayah berbeda persyaratannya. Penulis pernah mendapat pekerjaan membuat gambar IMB di luar jawa, dengan persyaratan yang lebih mudah di bandingkan persyaratan di wilayah penulis. Berikut hasil persyaratan yang dikirim ke penulis untuk dilengkapi gambar IMB nya :

Beberapa hasil pekerjaan membuat gambar IMB tersebut :

contoh denah untuk imb 01 – ktrm
contoh denah atap – instalasi air hujan untuk imb – ktrm
contoh potongan untuk imb – ktrm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *