Pondasi rumah tinggal

Berkaitan dengan posting yang pernah terbit sebelumnya, kali ini kotak rumah akan menguraikan sekilas tentang pondasi rumah tinggal. Pada posting kali ini yang akan dibahas adalahpondasi yang umum digunakan pada rumah tinggal pada kondisi normal.

 Berikut sedikit uraian berdasarkan pengalaman penulis.

Pondasi batu kali. Pondasi ini diletakkan dibawah dinding, sehingga jika terdapat dinding, maka dibawahnya dibuat pondasi batu kali. Dengan kata lain pondasi ini dibuat sepanjang dinding. Ukuran lebarnya dibuat menyesuaikan beban diatasnya, serta daya dukung tanah.

Contoh :

  • dinding ruang dengan beban tembok mencapai ketinggian atap dibuat lebar 80cm.
  • dinding pagar keliling dengan beban tembok saja, dibuat lebar 70cm.
  • dinding pagar depan, dengan beban dinding pendek dibuat lebar 40-60cm.

Ukuran diatas adalah ukuran yang umum dijumpai pada tanah keras. Pada kondisi berbeda, tentu membutuhkan ukuran yang berbeda pula.

Pondasi batu kali, dibuat pada kedalaman tanah keras. sehingga jika galian tanah belum mencapai tanah keras, maka belum memungkinkan / layak untuk dibuat pondasi. Jika dipaksakan akan memungkinkan timbul permasalahan tidak lama setelah bangunan jadi. Biasanya terjadi keretakan dinding akibat tanah memadat karena beban bangunan, sehingga pondasi ikut mengalami penurunan. Penurunan yang berbeda pada tiap titik ini bisa menyebabkan keretakan dinding.

Ilustrasi pondasi batu kali – ktrm

Pondasi foot plat. Demikian penyebutan yang umum untuk pondasi ini. namun jangan keliru menyebut pondasi ini dengan nama pondasi cakar ayam. Karena keduanya merupkan jenis pondas yang berbeda. Pondasi cakar ayam biasa digunakan pada tanah lembek semisal daerah rawa atau yang serupa.

Pondasi foot plat diletakkan hanya pada titik Рtitik tertentu (biasanya pada kolom / tihang struktural). Untuk menentukan ukuran / dimensi penampang foot plat, ketebalan plat, kedalaman foot plat, perlu dilakukan perhitungan struktur. Hal ini berkaitan dengan fungsi bangunan yang mempengaruhi beban bangunan, daya dukung tanah penempatan bangunan, serta hal lain yang perlu diperhatikan.

Ilustrasi pondasi foot plat – ktrm

Untuk rumah tinggal 1 lantai, biasanya hanya menggunakan pondasi batu kali saja. walaupun bisa saja menggunakan pondasi foot plat saja, atau keduanya.
untuk rumah tinggal 2 lantai atau lebih, biasanya menggunakan pondasi foot plat, serta pondasi batu kali. Pondasi foot plat dipasang pada titik tertentu saja, sementara pondasi batu kali dipasang pada tempat yang memiliki dinding saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *