Merancang rumah tinggal

Tahapan merancang mendesain rumah tinggal, perlu dilakukan agar proses pembangunan lebih terarah dan sesuai keinginan. Memang bisa saja proses ini diabaikan, seperti yang pernah penulis jumpai. Akibatnya, biaya pekerjaan menjadi tidak terkendali, target waktu pekerjaan pun tidak terkendali.

Contoh, ketika pemilik rumah merencanakan membangun rumah dengan 3 kamar tidur, untuk menghindari biaya rancang desain, maka pemilik pekerjaan langsung menyerahkan tugas ke pelaksana bangunan (biasanya pihak yang sudah dipercaya), dengan ketentuan yang diserahkan sepenuhnya. Tentu pihak pelaksana akan membuat coretan2 sesuai pengalaman pribadi. Yang penting ada 3 kamar tidur, dan ruang pendukung lainya.

Bangunan pun jadi, namun tentunya sesuai dengan keinginan pelaksana saja (yang penting cepat selesai, keuangan lancar, prestasi bagus). Perkara kenyamanan penghuni rumah, efektifitas ruang, dan hal lainya, biasanya bukan menjadi prioritas pelaksana, atau bahkan bisa jadi tidak terpikirkan sama sekali.

Bisa saja suatu saat terjadi kasus yang kurang pas dari segi kenyamanan penghuni rumah. Misalkan ruang terlalu gelap dan pengap, karena letak ventilasi yang salah, atau bisa jadi ventilasi menghadap arah matahari terbenam, atau letak ventilasi tidak pas, sehingga kesulitan menempatkan perabotan ruang.

Hal tersebut, tentu akan menambah anggaran pengeluaran hanya untuk memperbaiki letak dan besaran ventilasi, yang bisa jadi anggaran tersebut lebih besar daripada anggaran untuk berkonsultasi dengan perencana bangunan.

Contoh denah perancangan – ktrm

Sehingga, aspek perancangan bangunan di awal sangat dianjurkan, guna mencapai efektifitas pekerjaan. Saat anda berkonsultasi dengan pihak perancang bangunan, tentu akan disesuaikan antara keinginan anda dengan lokasi terpilih. Hal ini memang membutuhkan anggaran khusus, namun guna mengurangi dampak akibat kurang efektifnya pekerjaan, maka biaya yang dikeluarkan tentu lebih sebanding dengan hasil pekerjaan yang lebih efektif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *