Merancang rumah tinggal (2)

Saat anda berencana untuk melakukan konsultasi dengan pihak perencana, maka anda juga perlu menyiapkan data – data pelengkap guna keperluan pihak perancang. Hal ini akan mempercepat proses perancangan yang sesuai dengan keinginan anda. Data yang perlu dipersiapkan diantaranya :

  • Lokasi terpilih. bisa berupa copy denah lokasi pada sertifikat tanah. (jangan difoto, lebih baik di copy, atau scan) bisa juga dengan menunjukkan lokasi terpilih kepada pihak perancang, yang nantinya akan diukur.
  • Foto lokasi, dan sekitarnya. Tidak mesti dilakukan, yang terpenting pihak perancang mengetahui kondisi lokasi dan sekitarnya.
  • Data keperluan ruang yang diinginkan. Berupa daftar jumlah kamar, ruang keluarga dan yang lainya.
  • Keinginan khusus pemilik rumah. Misalkan ingin menggunakan konsep natural, modern, atau yang lainya.

Sebagai pemilik rumah nantinya, anda juga perlu aktif pada proses perancangan ini, hal ini akan lebih mengurangi kekecewaan saat rumah sudah selesai dibangun. Jika anda tidak / kurang aktif dan hanya menyerahkan sepenuhnya pada pihak perancang, maka bisa saja akan timbul kekecewaan di kemudian hari, karena pihak perancang akan mengambil inisiatif dengan menerka / menebak keinginan klien. Sehingga lebih baik anda aktif dalam proses ini.

Pihak perancang setidaknya akan mengeluarkan produk berupa gambar desain / rancangan rumah yang bisa jadi cocok dengan keinginan anda, bisa juga ada hal – hal yang perlu di ubah. Lagi – lagi ke-aktifan anda sebagai pemesan rancangan diperlukan. Jika ada yang kurang cocok, utarakan dengan segera. Karena jika ditunda – tunda, akan muncul ide – ide lain yang mungkin akan berbeda dengan rencana awal. Jika ide tersebut lebih baik, tentu cukup bagus ke depannya. Namun jika ide tersebut hanya pemikiran sesaat saja, atau karena melihat alternatif lain, maka sebaiknya dihindari. Rumah tinggal adalah tempat untuk ditinggali, sehingga keinginan penghuni rumah-lah yang perlu di perhatikan. Bukan hanya karena ikut tren, atau masukan dari pihak lain yang berbeda jauh dengan keinginan anda.

ilustrasi denah awal perancangan – ktrm

Setelah gambar rancangan selesai disepakati, maka jika diinginkan ke proses gambar selanjutnya, akan dibuat gambar detail pelaksanaan. Namun jika dikehendaki hanya gambar rancangan saja, maka pihak perancang tidak membuat gambar kerja pelaksanaan. Hal ini diperlukan kesepakatan sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *